Bangun Negeri

FGD ‘Buton Partnership Forum’ Bahas Maritim dan Ekonomi Biru Kepton

×

FGD ‘Buton Partnership Forum’ Bahas Maritim dan Ekonomi Biru Kepton

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, suarakendari.com—Upaya membangun kawasan Kepulauan Buton (Kepton) secara simultan dengan model ‘Buton Partnership Forum’ yang digaungkan Pj Wali Kota Baubau – Dr. H. Muh. Rasman Manafi, SP., M.Si beberapa waktu lalu, telah masuk dalam tataran best pratice, dengan menggandeng Bappenas, Pemprov Sultra, dan sejumlah kepala daerah kawasan Kepulauan Buton.

Acara dikemas dengan metode Focus Group Discucssion (FGD) ‘Membangun Sektor Kemaritiman dan Ekonomi Daerah’ dengan tema utama ‘Pendayagunaan Potensi Blue Economy kawasan Kepulauan di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kemitraan Strategis dan Sinergi Pusat dan Daerah’ yang digelar Jumat kemarin (4/0) di Jakarta.

Menjadi pembicara di forum tersebut antara lain Wahtu Wijayanto – Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN/Bappenas dengan tema ‘Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia dan Pembangunan Sektor Kemaritiman Daerah’. Selanjutnya, J.Robert ST., MT – Kepala Bappeda Sultra dengan tema ‘Strategi Pembangunan Blue Economi Wilayah Kepulauan di Sultra. Direktur regional II kementerian PPN/Bappenas dengan tema ‘Arah Kebijakan Pembangunan Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam RPJPN 2025-2045 dan RKP 2025’. Pj. Wali Kota Baubau Dr. HM. Rasman Manafi dengan tema ‘posisi Kota Baubau sebagai hub maritim’ yang banyak mengurai potensi dan klaster 7 area prioritas pesisir Kota Baubau. Sementara pembukaan didahului dengan materi dari Direktur Kelautan dan Perikanan Kementerian PPN/Bappenas bertema ‘Pendayagunaan Potensi Blue Economy kawasan Kepulauan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Karena forum ini berbasis kawasan di Kepton maka peserta juga berasal dari kepala daerah dan OPD di kawasan ini. Tampak hadir Pj. Bupati Buton-La Haruna, Pj. Bupati Buton Tengah – Konstantinus Bukide, Pjs. Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, dari Buton Utara, Buton Selatan, Kabupaten Buton dan beberapa daerah sekitar, dan berapa pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kota Baubau.

Acara mendapat apresiasi dari para kepala daerah sebagai bentuk kekompakan dan sistem pembangunan berbasis kawasan yang ikut menguatkan upaya pemekaran calon Provinsi Kepulauan di masa datang.

Pj Wali Kota Baubau – Dr. H. Muh. Rasman Manafi, SP., M.Si dalam paparannya menyatakan pembangunan berbasis kawasan menjadikan pembangunan antar daerah di kawasan kepulauan Buton lebih terkoneksi hingga saling mendukung dan saling menguntungkan satu dengan lainnya dengan masing-masing keunggulan yang dimiliki.

Di Kota Baubau kata Dr. Rasman Manafi terdapat 7 area prioritas pesisir, masing-masing kawasan Kolagana, kawasan hutan Magrove Lakologou, green port kawasan pelabuhan Murhum, Harbour Maritime Fuel di kawasan Sulaa, kawasan wisata Batusori., green public space di Pantai Kamali, Stadion Betoambari dan Simpang lima, serta kawasan DAS Kali Baubau. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!