Peristiwa

Distanak Koltim Basmi Hama Padi di Lalosingi

×

Distanak Koltim Basmi Hama Padi di Lalosingi

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, suarakendari.com-Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Koltim), melaksanakan program penyemprotan tanaman padi, pada lahan seluas 40 Hektar, di Desa Lalosingi Kecamatan Lalolae, Selasa (13/8/2024).

Gerakan pengendalian (Gerdal) yang dilaksanakan Bidang Tanaman Pangan dan Peternakan tersebut, yaitu pembasmian hama penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas).

Menurut Kadis Tanak Koltim Ridwan SP.MSi, hama penggerek batang ini, menyerang lahan sawah Kelompok Tani Sipatokkong di Desa Lalosingi seluas 40 Hektar.

“Hama ini menyerang tanaman padi mulai dari persemaian, fase vegetatif, fase generatif hingga menjelang panen. Melalui kegiatan ini, diharapkan para petani dapat mengurangi risiko serangan penggerek batang padi dan memastikan kelangsungan produksi padi yang optimal secara terencana dan berkelanjutan,” jelas Ridwan.

Menurutnya, hama penggerek batang padi (PBP) merupakan salah satu hama atau organisme pengganggu tumbuhan (OPT) utama padi yang meresahkan petani, karena hama ini menyebabkan kerugian yang signifikan bagi pertanian padi di wilayah tersebut.

Selain unsur dinas, kegiatan tersebut turut di hadiri oleh POPT, Penyuluh dan perwakilan dinas pertanian di tingkat kecamatan Lololae.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!