Ekonomi & Bisnis

Puluhan UMKM di Koltim Jalin Kemitraan dengan Investor

×

Puluhan UMKM di Koltim Jalin Kemitraan dengan Investor

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, suarakendari.com-Puluhan pelaku UMKM yang ada di Koltim, sepakat menjalin kemitraan dengan sejumlah invsetor atau perusahaan besar yang ada di Sultra.

Untuk melegalkan kemitraan ini, 30 UMKM yang adi daerah ini, menandatangani komitmen kemitraan dengan PT Aneka Tambang, Tbk, PT. Indonesia Pomalaa Industrial Park (IPIP), PT. Indomarco Prismatama (Indomaret dan Indogrosir), PT. Midi Utama Indonesia, Tbk (Alfamidi), dan PT. Matahari Putra Prima, Tbk (Hypermart).

Penandatangan ini, dilaksanakan dalam Kegiatan Fasilitasi Kemitraan Antara Usaha Besar dengan UMKM Koltim, yang dilaksanakan di Kota Kendari pada Senin-Selasa (9-10/9/2024), yang dibuka Sekda Koltim Andi Muh. Iqbal Tongasa SSTP MSi. Dalam kegiatan temu investor, masing-masing UMKM mempresentasekan bisnis plan serta keunggulan produknya dihadapan para investor tersebut.

”Kegiatan ini, sangat penting dan baru dilaksanakan di Sulawesi Tenggara. Dengan memberikan Transfer Knowledge kepada Pelaku UMKM serta dilanjutkan dengan langsung mempertemukan pelaku UMKM dengan Investor yang akan bermitra. Hal ini menjadi solusi dalam pengembangan UMKM khususnya dalam pemasaran. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan saya akan mengawal dari sisi penganggaran untuk tahun depan,” jani Sekda.

Untuk diketahui, Ke 30 UMKM asal Koltim tersebut, terdiri dari UMKM Kemasan, Industri Beras, Perkebunan serta Peternakan.

Atas terjalinnya kemitraan ini, Kadis Penanaman Modal dan Perisinan Terpdau Satu Pintu Koltim, Agung DL Sauala, S.STP, menyampaikan, menyambut baik niat para investor untuk membuka ruang kerjasama kemitraan dengan UMKM Koltim, yang selama ini mendapat perhatian besar dari Bupati Koltim Abd Azis SH MH.

”Tentunya kami memastikan bahwa UMKM yang ikut dalam kegiatan tersebut, telah memiliki legalitas usaha yang sesuai dengan kriteria para investor. Dan kami berupaya kedepannya, akan semakin banyak UMKM Kolaka Timur yang akan bermitra dengan investor, sehingga persoalan pemasaran produk UMKM kita bisa beratasi,” ucap Agung.

Di kegiatan ini, hadir sejumlah narasumber, yakni Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra Adik Afrinaldi, Kepala Bidang Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sultra H. Muh. Yaser Tuwu, SE.,M.Sc, Ahli Madya PPSDM Kemendagri Regional Makassar Risal Num Arif Rivan Syahrir, S.IP.,M.Si, Notaris Koltim Irsan Haeruddin Akif, SH.,M.Kn.,CMP dan Ketua Forum UMKM Kolti Hasrul, S.Ip. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!