Peristiwa

Masuk Musim Kemarau, PDAM Himbau Bijak Manfaatkan Air

×

Masuk Musim Kemarau, PDAM Himbau Bijak Manfaatkan Air

Sebarkan artikel ini

BAUBAU—Memasuki musim kemarau tahun 2024 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau menghimbau seluruh pelanggan untuk bijak menggunakan air. Kalau air mengalir dan sudah penuh supaya ditutup agar yang lain juga dapat, utamanya yang di daerah rendah agar wilayah yang di ketinggian juga mendapatkan aliran air.

Demikian dikatakan Pelaksana Direktur PDAM Kota Baubau Drs Ruslan RZ dalam keterangan persnya Sabtu (24/8/2024).

Menurut Ruslan, ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada pelanggan terutama berkenan dengan terhambatnya pasokan air di zona 1 wilayah ketinggian Kelurahan Melai dan Baadia, dimana pompa PDAM yang berada di sumur Balanga yang totalnya ada 4, yang aktif hanya 1 dan yang 3 sementara dalam perbaikan.”Mudah-mudah kedua pompa ini kapasitas 75 kw dan 55 kw bisa segera selesai sesuai kemampuan teknisi di bengkel sehingga Minggu depan sudah bisa di fungsikan kembali seperti semula,”katanya.

Disamping itu tambahnya, kondisi pompa yang dimiliki PDAM Baubau selama ini sudah berumur dengan pemakaian 7 tahun dan sering out atau trouble. Namun sekarang ini sudah ada pengadaan pompa dari dinas PUPR 55 kw satu paket motor dan panelnya yang diharapkan pada bulan Oktober sudah ada sehingga pompa yang aktif yang tadinya cuma satu itu bisa bertambah kekuatannya di zona satu Baadia.

Drs Ruslan mengakui bahwa memang di musim kemarau debit air kurang sehingga zona 3 yang setiap hari mengalirkan air terus untuk menghadapi kemarau ini telah mengupayakan sumber air dari Lea-Lea Karaha. Sementara untuk melayani kebutuhan air di 3 kecamatan, yaitu Wolio, Batupoaro dan Murhum yang berada di zona 2 juga mengambil aliran dari mata air di Balanga.

Disamping itu, dalam jangka panjang ada pengerjaan proyek DAK di Waruruma untuk sistem penyediaan air dan saat ini sementara berjalan dan ditargetkan pada bulan November sudah selesai. Bila di waruruma sudah aktif, rencananya zona 2 dan 1 bisa dialirkan 2 kali dalam seminggu.“Kemarin saya sudah cek, Minggu depan mudah-mudahan sudah dikirim pipanya dari Surabaya dan pengerjaanya diharapkan progresif semakin hari semakin bagus. Dan di bulan 10 tadi itu sudah bisa di alirkan dan sudah aktif untuk menjawab kebutuhan air minum di Kota Baubau.”ujarnya.

PPID UTAMA BAUBAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!