Peristiwa

Lembaga Adat Kesultanan Buton Sepakati Bentuk Pengurus dan Jadwal Pemilihan Sultan

×

Lembaga Adat Kesultanan Buton Sepakati Bentuk Pengurus dan Jadwal Pemilihan Sultan

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, suarakendari.com-Kesepakatan pembentukan pengurus dan jadwal pemilihan Sultan Buton tersebut setelah melalui rapat Siolimbona sebagaimana kesepakatan antara Bonto Ogena Matanaeo dan Bonto Ogena Sukanaeo di kediaman Bonto Ogena Sukanaeo Drs H Abdul Wahid Senin malam (19/8/2024).

Dalam keterangan persnya usai rapat pembentukan pengurus dan jadwal pemilihan, Bonto Ogena Sukanaeo Drs H Abdul Wahid yang didampingi Bontona Melai Takdir Muharam Rauf, S.Pd dan juru tulisi Buston Asaf mengatakan, dalam pertemuan Siolimbona di kediamannya di Baadia telah disepakati yang pertama yakni pengurus dari perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton mulai dari tingkatan Pangka, Siolimbona, Bonto Inunca, Bonto I Syara maupun Lakina atau Bobato selesai dan telah dipaso (diputuskan) pada Senin malam.
Kemudian, telah disepakati pula jadwal atau tahapan-tahapan tentang pemilihan Sultan dimana mulai dilaksanakan dari proses Tiliki (Mengamati) calon Sultan selama 3 hari pada tanggal 21, 22 dan 23 Agustus 2024. Selanjutnya laporan tentang hasil Tiliki dilaporkan kepada Bontona Baluwu dan Peropa untuk dipertimbangkan/disaring berdaasarkan kriteria dilaksanakan tanggal 24 Agustus 2024. Kemudian dilaporkan pada Bontoogena yang dinamakan Buataka Katange tanggal 26 Agustus 2024.

Selanjutnya pelaksanaan proses Kambojai pada 27 Agustus 2024 dan proses Falli sebuah mekanisme menentukan calon Sultan dengan cara membuka Alquran yang dilaksanakan pada 29 Agustus 2024.

Sedangkan untuk Sokaeyana Pau yakni prosesi pengumuman hasil pemilihan Sultan oleh Siolimbona akan dilaksanakan pada tanggal 13 September.

Dilanjutkan dengan prosesi Bulilingiana Pau yakni pelantikan Sultan yang dijadwalkan tanggal 20 September 2024. Rangkaian atau proses tersebut akan diakhiri dengan Leongi dilaksanakan tanggal 24 September 2024.

“Jadwal ini telah disepakati secara bersama oleh Siolimbona dan sebelum melaksanakan pertemuan pada Senin malam hari ini telah disampaikan kepada Bonto Ogena Matanaeo. Karena itu, apa yang telah dilaksanakan ini sudah dipaso dan tidak akan berubah,”ujar Bonto Ogena Sukanaeo Drs H Abdul Wahid.

Ditambahkan, sebelumnya Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si telah memanggil pengurus Lembaga Adat Kesultanan Buton hasil islah untuk menanyakan apa saja yang sudah dilaksanakan Lembaga Adat Kesultanan Buton pasca islah. Karena itu pihaknya sebagai Siolombona telah melaporkan kepada Pj Wali Kota Baubau jika Siolimbana telah melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka pemilihan Sultan Buton dan kegiatan itu dilaksanakan dalam bentuk rapat-rapat dan hasilnya pada Senin malam (19/8/2024) ini sudah disepakati pembentukan pengurus dan jadwal pemilihan Sultan Buton.

Namun masih ada perangkat-perangkat utama dalam Lembaga Adat Kesultanan Buton seperti beberapa Bobato yang memang akan disempurnakan kemudian karena penentuannnya memakai standar penyaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!