Politik

Ini Daftar 62 Bakal Calon Kepala Daerah di 17 Kabupaten/Kota Plus Satu Provinsi di Sulawesi Tenggara

×

Ini Daftar 62 Bakal Calon Kepala Daerah di 17 Kabupaten/Kota Plus Satu Provinsi di Sulawesi Tenggara

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com- Perhelatan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak digelar pada 27 November 2024 mendatang. Pilkada di Sulawesi Tenggara akan diikuti sebanyak 62 bakal calon kepala daerah di 17 kabupaten/kota plus satu provinsi.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra Asril kepada wartawan di Kendari, Minggu (1/9/2024), bahwa terdapat 64 bakal calon kepala daerah yang sudah mendaftar, dimana untuk calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Sultra, yang telah mendaftar di KPU untuk bertarung di Pilkada 2024 sebanyak empat bakal pasangan calon.

Empat bakal pasangan calon tersebut kata Asril masing-masing; Andi Sumangerukka dan Hugua, Lukman Abu Nawas dan Laode Ida, Tina Nur Alam dan Iksan Taufik Ridwan, serta Ruksamin dan Sjafei Kahar.

Untuk pasangan bakal calon pasangan Andi Sumangerukka dan Hugua diusung empat partai yaitu PPP, Gerindra, PPP dan Hanura. Kemudian pasangan  Lukman Abu Nawas dan Laode Ida diusung lima partai  masing-masing PKB, PDIP, Demokrat, Perindo, buruh. Dan satu partai pendukung yaitu partai Garuda.

Selanjutnya pasangan Tina Nur Alam dan Iksan Taufik Ridwan dengan partai pengusung NasDem, Golkar, PKS, PSI, dan Partai Ummat. Sementara pasangan Ruksamin dan Sjafei Kahar diusung PBB dan Partai Gelora.

Asril melanjutkan, bakal calon d 17 kabupaten/kota juga sudah mendaftarkan diri, dimana bakal calon Wali Kota Kendari diikuti oleh lima pasangan, yakni Siska Karina Imran dan Sudirman, Sitya Giona Nur Alam dan H. Subhan, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu, Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin, serta Abdul Razak dan Afdhal.

Sementara di Wali Kota Baubau juga diikuti oleh lima pasangan, yaitu La Ode Mustari dan H, Zahari, Yuli Rahman Umar Samiun dan Muhammad Ridwan, La Ode Ahmad Monianse dan Ida Fitri Halili, Yusran Rahim dan Hamsinah Bolu, serta Nur Aji Raharja dan La Ode Yasin.

Kabupaten Buton diikuti lima pasangan, La Ode Naane dan Akalim, Saraswati Samiun dan Rasyid Mangura, La Bakry dan Arif Marwan Saputra, Alvin Akawijaya Putra dan Sarifudin Saafa, Basiran dan La Ode Rafiun, serta Bere Ali dan LM Sumarlin.

Kabupaten Buton Tengah terdapat dua pasangan, La Andi dan Abidin, serta H. Azhari dan Muh. Adnan Basan.

Kabupaten Buton Selatan terdapat empat pasangan, yaitu Muh. Adios dan La Ode Risawal, Samirudin dan La Muhadi, Aliadi dan La Ode Rusyamin, serta Hardodi dan La Ode Amiruddin.

Kabupaten Wakatobi dua calon, yakni Hamirudin dan Muhammad Ali serta Haliana dan Safia Wualo.

Kabupaten Bombana terdapat tiga calon, Andi Nirwana Sebbu dan Heryanto, Burhanuddin dan Ahmad Yani, serta Hasrat Haji Nabil dan Muhammad Gunawas.

Kabupaten Kolaka Utara terdapat tiga calon, Sumarling Majja dan Timber, Anton dan Abbas, serta Nurrahman Umar dan Jumardin.

Kabupaten Kolaka Timur juga tiga calon, Arwin Labatamba dan Ismail Iskandar, Dalle Effendi dan Suhaemi Nasir, serta Abd Azis dan Yosef Sahaka.

Kabupaten Kolaka terdapat dua calon, Amri Jamaluddin dan Husmaluddin serta Muhammad Jayadin dan Deni Germanto Lisan.

Kabupaten Konawe Utara dua calon, Ikbar dan Abuhaera serta Sudiro dan Raup.

Kabupaten Konawe terdapat tiga pasangan, Harmin Ramba dan Desi Indah Rachmat, Yusran Akbar dan Syamsul Ibrahim, serta Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa.

Kabupaten Konawe Kepulauan terdapat empat calon, yaitu Wa Ode Nurhayati dan M. Yacub Rahman, Andi Muhammad Lutfi dan Muhammad Rijal, Rifqi Syaifullah Razak dan Muhammad Farid, serta Abdul Rahman dan Yusran Djamula.

Kabupaten Konawe Selatan juga empat calon, Herman Pembahako dan Herianto, Irham Kalenggo dan Wahyu Ade Pratama Imran, Radan Algindo Nur Alam dan Rasyid, serta Adi Jaya Putra dan James Adam Mokke.

Kabupaten Muna terdapat lima calon, Rajiun Tumada dan Purnama Ramadan, Bachrun Labuta dan Asrafil, Abd Rahman dan Jaya Bolombo, La Ode Husuna Ringa Jhon dan Syarifuddin Udu, serta La Ode Kardini dan Noor Dhani.

Kabupaten Buton Utara juga empat calon, Abd Hasan dan Fahrul Muhammad, Afiruddin Mathara dan Abd Rahman, Rukman Basri Zakariah dan Harwis Hari, serta Abd Salam Sahadia dan Ahmad Afif Darvin.

Sementara di Kabupaten Muna Barat hanya terdapat satu calon yang mendaftar, yaitu pasangan La Ode Darwin dan Ali Basa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!