Bangun Negeri
×

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, suarakendari.com—Dinas Perikanan Kota Baubau melatih nelayan kecil untuk membuat perahu berbahan baku fiberglass. Pelatihan diikuti 20 orang dan dibuka resmi Pj Sekda Kota Baubau berlangsung dari tanggal 29 Agustus 2024 sampai dengan 4 September 2024.

Pj Sekda Kota Baubau La Ode Aswad, S.Sos, M.Si yang mewakili Pj Wali Kota Baubau saat membuka pelatihan fiberglass untuk nelayan kecil di hotel hing Aminah Kamis (29/8/2024( mengungkapkan, dengan pangsa pasar yang besar dan tenaga-tenaga ahli yang ada di Kota Baubau tentunya dalam pembuatan kapal fiberglass tidak lagi untuk mencari untuk skala kecil melainkan cita-cita untuk jangka panjang bisa jadi mengarah ke kapal besar. Sehingga membutuhkan marketing dan dengan keahlian yang dimiliki agar bisa dipasarkan dan diadu dengan hasil kerja yang cepat.

Menurut La Ode Aswad, langkah awal yang dilakukan saat ini mengarah kepada keterampilan tenaga-tenaga ahli di bidang pembuatan kapal fiberglass, antara teori dan praktik yang diperbanyak adalah prakteknya. Kemudian yang terakhir termasuk juga keselamatan kerjanya, para tenaga ahli sebelum ada kecelakaan kerja diberikan pelatihan keselamatan kerja. Selain ahli juga ada sertifikat, tetapi sertifikat juga didukung dengan keahlian dari pada pemateri sehingga kalau orang mau bikin kapal fiberglass maka akan ke Baubau.

“Kita berdoa agar selamat semua bekerja sesuai SOP, hari ini kegiatan padat sekali, mudah-mudahan pencanangannya berjalan lancar. Dan bahkan setelah mengikuti pelatihan disini bisa menjadi tenaga ahli baik di Buteng, Buton, Busel dan bisa juga menyebarang ke Muna. Kita siapkan tenaganya, keahliannya berkolaborasi dengan pengusaha jika tidak punya lokasi,”ujarnya.

Ditambahkan, tentu setelah itu pelatihan berkembang pada akhirnya juga akses permodalan, pemerintahan fasilitasi akses agar tidak memberatkan. Kemudian, promosinya marketing lewat dinas perikanan, marketing lewat digital, sehingga orang mengetahui di Baubau ada tenaga ahli dengan keahlian dan cepat pembuatannya itu jangka panjangnya.

PPID UTAMA BAUBAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!