Bangun Negeri

Angka Inflasi Sultra Turun, Pj Gubernur : Hasil Kerja Keras Kita Bersama

×

Angka Inflasi Sultra Turun, Pj Gubernur : Hasil Kerja Keras Kita Bersama

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com– Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menurunkan angka inflasi pada bulan Agustus 2024 di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari berita resmi BPS yang dirilis hari ini Senin 02 September 2024, angka inflasi Sultra _year on year_ berada pada angka 1,62% (sebelumnya 1.73%) atau dibawah angka inflasi nasional yakni sebesar 2.12%. Jika‬‭ diurutkan‬‭ dari‬‭ tingkat‬‭ inflasi‬‭ terendah dari bawah,‬‭ angka ini menempatkan Provinsi Sultra pada peringkat ke-8 dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia.

Pj Gubernur mengungkapkan data komoditas penyumbang inflasi _year on year_ di Sultra yakni beras sebesar 0.67%, sigaret kretek mesin sebesar 0.44%, dan emas perhiasan sebesar 0.23%.

“Terdapat 3 (tiga) komoditas penyumbang utama inflasi di Sultra yakni beras, sigaret kretek mesin dan emas perhiasan. Sedangkan untuk peredam laju inflasi yakni tomat 0.16%, ikan layang/ikan benggol 0,13% dan angkutan udara 0,10%,” kata Andap Budhi Revianto, Senin (2/8/2024).

Inflasi secara bulanan sulawesi tenggara mengalami deflasi sebesar – 0,27% Adapun komoditas penyumbang deflasi bulanan tomat andil 0,08%, bawang merah 0,06% dan ikan layang sebesar 0,05%.

Pj Gubernur lebih lanjut mengungkapkan bahwa inflasi _year on year_ Sultra maupun 4 (empat) Kabupaten/Kota inflasi (Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka, Kota Kendari, dan Kota Baubau) masih dalam rentang terkendali yakni 1.5% hingga 3.5%.

“Inflasi _year on year_ terendah tercatat di Kabupaten Konawe sebesar 0,88%, sedangkan inflasi tertinggi tercatat di Kota Baubau sebesar 2.01%,” ungkapnya.

“Dari Rilis yang dikeluarkan BPS, angka inflasi Sultra Alhamdulillah mengalami penurunan,” tambahnya.

Pj Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Pengendali Infasi Daerah Prov/Kab/Kota, Bupati dan Walikota serta seluruh stakeholder terkait atas capaian inflasi yang alami penurunan.

“Terima kasih kepada unsur Pemerintah Daerah, stakeholder terkait, dan masyarakat yang telah berperan aktif menjaga stabilitas harga dan pasokan sehingga angka inflasi kita turun, serta berbagai langkah strategis,” imbuh Andap.

“Capaian ini merupakan hasil kerja keras kita bersama guna mewujudkan Sultra yang semakin sejahtera, maju, dan modern,” tutup Andap. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!