Bangun Negeri

Baubau Didorong Jadi Landing Penempatan Fiber Optik

×

Baubau Didorong Jadi Landing Penempatan Fiber Optik

Sebarkan artikel ini
BAUBAU, suarakendari.com-Kota Baubau menyadari dirinya sendiri dan butuh wilayah sekitarnya seperti Buteng, Buton dan Busel untuk maju dengan cara bekerja sama untuk membangun.Bahkan dalam jangka 50 tahun RPJM klaster maritim ,Baubau sudah memerankan dirinya untuk menjadi penghubung seperti misalnya orang yang mau datang ke Wakatobi tentu lewat Baubau.
Hal ini akan mendorong Baubau menjadi landing untuk menempatkan fiber optik sehingga menjadikan Baubau sebagai sentral transaksi penghubung antar daerah. Oleh sebab itu, tidak salah bila Baubau menjadi Poros maritim untuk menjamin konektivitas antar pulau, transportasi laut, pengembangan perikanan, serta keamanan maritim. Potensi sebagai poros maritim dapat dilihat dari posisi yang sangat strategis.
Demikian dikatakan Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat tapping video wawancara di wantiro Sabtu Sore (10/8/2024).
Menurut Dr H Muh Rasman Manafi, dengan memiliki 8 kecamatan yang Jumlah penduduknya banyak mengandalkan sektor jasa kemaritiman oleh karenanya perencanaan Baubau tidak hanya melihat garis pantai tetapi harus ada integrasi dengan wilayah lainnya. Dan Baubau akan bergerak menempatkan diri sebagai penghubung dengan wilayah lainnya.
”Bagaimana menyiapkan 60 persen produktivitas untuk mewujudkan Baubau menjadi kota maju didukung dengan kearifan lokal yang kita miliki selanjutnya Pemerintahan kota perlu Reformasi birokrasi diarahkan untuk mewujudkan Hub Maritim dengan menempatkan program tersebut dalam APBD agar dapat mengimplementasikan berbagai kegiatan yang ada,”kataya.
Ditambahkan, Baubau sangat diperhitungkan sebagai pusat pemerintahan provinsi jika dimekarkan, sejalan dengan misi untuk memperkuat kewenangan lebih besar untuk mengelola daerahnya maka dengan wilayah yang luas Pemkot Baubau dan wilayah lainnya penting mempererat hubungan konektivitas, itu adalah bagian yang bisa diharapkan untuk membangun daerah.
PPID UTAMA BAUBAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bangun Negeri

KOLTIM, suarakendari.com-Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis SH…

error: Content is protected !!