Bangun Negeri

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke 79, Dikbud Sultra Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih ke Masyarakat

×

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke 79, Dikbud Sultra Bagikan 17 Ribu Bendera Merah Putih ke Masyarakat

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com- Guna memeriahkn Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 79 tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), membagikan 17 Ribu bendera merah putih ke masyarakat Bumi Anoa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Yusmin, mengatakan, pembagian bendera merupakan bagian dari upaya menggelorakan semangat kemerdekaan di kalangan masyarakat Sultra.

“Jadi ini merupakan bentuk rasa syukur kita dalam rangka memperingati 17 Agustus. Dikbud membagi bendera kepada rakyat Sultra untuk dikibarkan bersama-sama di setiap rumah masing-masing. Saya juga sudah menyampaikan kepada seluruh siswa untuk membawa bendera ke rumah mereka masing-masing agar meminta orang tua mereka mengibarkan bendera di rumah,” kata Yusmin, usai membagikan bendera merah putih bersama siswa dan guru di depan kantor Dikbud Sultra, Jumat (2/8/2024).

Dikatakan Yusmin, program pembagian bendera itu tidak hanya berlangsung pada hari ini saja, tetapi akan terus dilakukan hingga tanggal 15 Agustus mendatang.

“Bendera ini berasal dari Dikbud dan dari sekolah-sekolah sebagai wujud rasa nasionalisme, sehingga pengibaran bendera mulai dilakukan saat ini hingga 17 Agustus mendatang. Sebagai salah satu wujud menggelorakan peringatan HUT RI,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menggaris bawahi pentingnya partisipasi aktif dari para siswa dalam kegiatan tersebut. Ia berharap bahwa dengan mengajak siswa-siswa untuk turut serta, semangat nasionalisme dapat ditanamkan sejak dini.

“Siswa-siswa SMA/SMK dari berbagai sekolah ikut berpartisipasi dalam pembagian bendera ini, dan kami berharap ini dapat membangkitkan jiwa nasionalisme mereka,” terangnya.

Yusmin menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa-masa mendatang.

“Semoga ini bisa menjadi tradisi yang berkelanjutan, karena mengibarkan bendera merah putih adalah salah satu bentuk penghormatan kita kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu salah seorang siswa yang turut berpartisipasi dalam pembagian bendera ini, Muhammad Ridho Ramadhan, menyampaikan kegiatan itu merupakan hal luar biasa yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme para pelajar maupun masyarakat secara umum.

“Jadi ini juga memudahkan masyarakat karena biasanya masyarakat berpikir untuk membeli bendera lagi, tapi kali ini dari pemerintah menyediakan dan membagikan bendera secara gratis. Ini tentunya akan membangkitkan jiwa nasionalisme kita,” tandasnya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!